Posted by : Faris Ahmad Nashirudin Friday 28 May 2010

Ditulis oleh Faris Ahmad N di/pada 17 April 2010
saya akan melanjutkan tips n trik yang saya tahu nih dia . . .
Sebetulnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan, baik itu dari pemotongan atau pemendekan kabel USB dari hp dan komputer ( hal ini menurut saya hanya memperpenden atau mempersingkat hubungan komunikasi data antara hp dan pc, sehingga waktu yang didapat terasa lebih cepat ) namun disini kita berbicara bagaimana mendapatkan sinyal yang baik. buat antena kaleng ( Tapi sepertinya ini hanya kompak dengan Haier D 1200 P ), meletakkan Hp didalam wajan / mangkuk alumunium / kertas foil ( Itu adalah cara saya sebelumnya ).Namun disini saya menemukan cara sendiri untuk mendapatkan penerimaan sinyal yang bagus. Cukup simpel dan praktis, dan mungkin anda juga sidah lebih dulu melakukan hal ini. Persiapkan kabel data yang biasa anda pakai kemudian potong dan sambung dengan kabel ( apa saja ) yang penting dapat memberikan komunikasi yang baik untuk hp dan modem. Lakukan penyambungan sepanjang 2 atau 2.5 meter sesuai dengan kebutuhan anda. Kemudian setelah kabel tersambung, ambil PENUTUP DANDANGPanci besar. Usahakan cari yang bekas saja karena jika anda menggunakan barang didapur, yakinlah Emak atau Isteri anda akan berubah menjadi super wonder emak. Selanjutnya lepaskan plastik kecil yang melekat pada tengah –tengah penutup dandang tersebut, ini gunanya untuk menyelipkan jack usb ke hp. Setelah selesai, Maka hasilnya Hp akan berada tengah bagian dalam penutup dandang. Jangan takut terjatuh atau terlepas dari penutup karena jack usb nya sudah direkatkan dengan slotif perekat dibelakang penutup dandang. Letakkan keduanya di tempat yang lebih tinggi dari pc. Sekedar informasi saya meletakkannya Cuma 2.5 meter lebih tinggi dari pc, hal ini agar lebih muda untuk pasang – lepas hp dari jack yang ada pada penutup dandang. Buat anda yang tidak suka menyambung kabel sendiri anda bisa langsung membelinya ditoko – toko perangkat pc terdekat. Untuk ukuran panjangnya anda dapat memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan anda. Cara ini sangat tepat menurut saya, karena dari tampilan bar sinyal hp sewaktu posisi normalnya 2 atau 3 bar dapat naik menjadi FULL BAR setelah berada pada posisi yang saya ceritakan diatas.


ni contoh HP C700 dalam wajan cekung seperti :
yang biasa digunakan untuk memasak di dapur. Cara ini terbukti dapat meningkatkan performa antena HP sehingga penerimaan sinyal HP menjadi stabil dan tidak putus-putus.
Bisa juga dengan meletakkan HP di atas lempengan aluminium yang cukup panjang sehingga sinyal yang diterima oleh HP dapat semakin banyak.
selain itu ini juga perlu dicoba…
Berikut saya jelaskan langkah – langkah yang harus dilakukan ;
Pertama – tama pastikan Haier C 700 sudah ditangan anda. Kemudian seperti biasa lakukan penginstalan ke 3 freewere yang akan kita jalankan nanti ( Klik untuk mendownload file Modem boosterNet eagle dan Ultra net booster. Ketiga freewere inilah yang akan kita kawinkan pada saat connecting internet. Adapun fungsi dan kegunaan dari masing – masing freewere ini adalah sebagai berikut ;
Modem booster : Freewere ini mampu mengupgrade stabilitas koneksi hingga 3X lipat dari sebelumnya sehingga secara otomatis waktu sambungan pun menjadi kebih cepat. Langkah – langkah yang perlu harus dijalankan seperti biasanya, setelah kita mendownload filenya kita kudu melakukan penginstalan terhadap komputer kita. Tapi disini anda harus lebih bersabar hati, karena sewaktu penginstalan selesai freewere ini belum bisa dijalankan layaknya program kebanyakan. Disini Modem Booster akan melakukan update dan sinkronisasi keberadaanya didalam windows xp secara otomatis. Modem Booster akan melakukan connect dan dissconnect sendiri selama sinkronisasi hal ini bertujuan untuk speed test configure makanya kita tidak bisa melakukan panggilan data selama proses berlangsung. Namun perlu di ingat sebelum melakukan semua itu, kita harus melakukakn setting dial up terlebih dahulu pada option modem booster sesuai dengan provider www.smart-telecom.co.id atau yang sedang digunakan. Setelah selesai, maka modem booster langsung dapat kita gunakan hanya dengan satu kali klik mini icon yang muncul pada taskbar dan program akan langsung Running dengan sendirinya.
Net eagle : Freewere ini saya memberinya julukan “ Si Ringkas – Gesit “, karena ukurannya bytesnya yang sangat kecil namun mampu memberikan pengaruh besar terhadap komputer yang tengah mekakukan panggilan data internet. Penginstalannya pun sama seperti freewere kebanyakan. Setelah proses penginstalan maka icon Net eagle akan muncul pada desktop dan untuk menjalankannya kita cukup mengklik icon maka akan muncul jendela dimana sudah terdapat pilihan – plihan kotak kecil untuk dicentrang sesuai dengan kebutuhan. Pilih atau Centrang kolom Windows Xp dan Dial up modem. Setelah itu program akan meminta kita untuk merestart sytem operasi windows xp, gunanya untuk memberikan optimized maksimal terhadap komputer dan modem booster. Sebaiknya program ini dijalankan sebelum modem booster dijalankan.
Ultra net booster : Memiliki tugas yang sangat penting pada pc. Ultra net booster lebih mengoptimized sytem operasi pada komputer. Sangat baik digunakan untuk komputer yang memiliki ram kecil karena speed up modem mampu mengatur seluruh kebutuhan ruang yang ada. Biasanya semakin banyak memory yang terpakai hasilnya komputerpun menjadi lelet alias lemot, disini Ultra net booster dapat menjadi solusinya. Program ini akan running dengan sendirinya saat pertama kali kita power on komputer.
Langkah kedua setelah ketiga freewere diatas sudah siap untuk dijalankan, sekarang kita beralih pada oprek regedit.berikut ini merupakan settingan secara umum untuk semua koneksi internet, yaitu seeting Qos Packet Scheduler dan TCP/IP.Jika menggunakan Qos Packet Sceduler silahkan di edit Group Policy (gpedit.msc). Masuk Computer Configuration – Administrative Templates – Network – Qos Packet Scheduler. Rubah Limit Outstanding Packets dari not configured menjadi enabled dan Bandwidth Limit (%) = 0. Hal ini akan menghemat bandwidth kita 20% yang dipakai oleh Microsoft.
Pada TCP/IP bisa kita set services pada regedit, yaitupadaHKLMsystemCurrentControlSetServicesTcpipparameters dan edit value register pada :
* DefaultTTL isi value 00000040
* EnablePMTUBHDetect isi value 00000000
* EnablePMTUDiscovery isi value 00000001
* GlobalMaxTcpWindowSize isi value 0005ae4c
* SackOpts isi value 00000001
* Tcp1323Opts isi value 00000003
* TcpWindowSize isi value 0005ae4c
* Restart PC

Langkah yang ketiga adalah membuat gila mozila firefox 3.6. Beberapa waktu lalu Mozilla meluncurkan browser terbarunya yakni mozila firefox 3.6(stable version). Seperti yang telah diklaim sebelumnya, Mozilla Firefox terbaru ini menawarkan kecepatan dan kestabilan melebihi pendahulunya. Namun pada beberapa kali percobaan tak jarang performanya cukup mengecewakan dan kalah dari pesaingnya, Google Chrome. Sekarang kita akan mencoba melakukan tuning pada engine browser mozila firefox 3.6 ini. NB: Pada tutorial kali ini diasumsikan anda menggunakan browser Mozilla Firefox versi berbahasa Inggris.
1. Download versi terbaru Mozilla Firefox 3.6 dan Google Chrome disini
2. Ubahlah HomePage Startup ke “about:blank” (tanpa tanda kutip). Caranya klik pada menu [Tools - Options] pada browser Firefox anda. Jangan lupa gunakan theme standar Firefox untuk menjamin kompatibilitas dan kestabilan browser.
3. Gunakan adblock plus dan Flash block untuk memblokir iklan dan elemen flash yang mengganggu dan memberatkan kinerja browser.
4. Buka kembali menu [Tools - Options - Main] dan optimalkan pengaturan Download dengan memilih “Show a blank page” pada pengaturan “When Firefox starts“. Berikan tanda centang pada ketiga opsi “Downloads” seperti pada gambar di atas.
5. Hapus pengaturan History Downloads dengan mengklik menu [Tools - Options - Privacy]. Ubah dropdown menu pada “Firefox will” menjadi “Use custom settings for history“. Hapus centang pada “Remember download history“.
6. Pada kotak dialog yang sama (kotak dialog Option), pilih menu “Applications” dan ubah pengaturan pada tipe file berikut:
Ubah file kompresi seperti .zip, .rar, .7z, dll ke “Save File“.
Ubah file PDF ke “Save File“.
Ubah “mailto” ke program webmail client favorit anda seperti Yahoo/GMail.
Ubah “Web Feed” dari Preview in Firefox ke RSS reader favorit anda.
7. Tingkatkan cache dan kurangi ukuran History di menu [Options - Advanced - Network]. Ubah ukuran disk cache pada menu “Offline Storage” hingga 150 MB.
8. Kembali ke bagian [Options - Privacy], pada menu “Remember my browsing history for at least” ubah menjadi 15 hari.
9. Klik menu [Options - Advanced - General - Accessibility] dan ubah properti berikut:
Berikan centang pada “Search for etxt when I start typing
Hapus centang “Use smooth scrolling
Hapus centang “Check my spelling as I type
Hapus centang “Always check to see if Firefox is the default browser on startup
10. Hapus daftar Search Engine yang tidak digunakan. Klik pada lambang segitiga kecil di samping logo search engine kemudian pilih “Manage Search Engines“. Hapus search engineRemove” pada list yang ada.
11. Mengatur bookmark. Jika anda memiliki banyak bookmark, beberapa diantaranya mungkin telah mati (dead link) atau memiliki duplikat. Atur bookmark dengan menggunakan extension Firefox Checkplaces dan buang setelah anda selesai menggunakannya. Firefox akan secara otomatis memeriksa bookmark setiap jamnya. Gunakan RSS Reader seperti google reader yang tidak anda gunakan dengan menekan tombol “ untuk memanajemen bookmark anda.
12. Tingkatkan performa Firefox dengan extension seperti berikut:
faster fox 3.8.1, add-on ini akan membuat profil tersendiri untuk mengoptimalkan kinerja Firefox.
tweak network, add-on ini mengijinkan anda memilih dari profil “Default” dan “Power” untuk meningkatkan pengaturan jaringan di Firefox.
13. Mengoptimalkan pengaturan engine browser. Ketiklah perintah “about:config” (tanpa tanda kutip) pada kolom addressbar dan lakukan pengubahan pada entri-entri di bawah ini. NB:Apabila entri yang dimaksud tidak tersedia, klik kanan pada area yang kosong kemudian pilih menu “New” diikuti tipe key yang hendak dibuat.
accessibility.typeaheadfind.enablesound [Boolean]: Mengubah suara yang muncul saat pencarian kata tidak menemukan hasil apapun (ubah ke “False“).
alerts.totalOpenTime [Integer]: Mengurangi waktu yang diperlukan untuk menampilkan peringatan “Download Complete” hingga 2000 (2 detik).
browser.bookmarks.max_backups [Integer]: mengurangi jumlah backup bookmark untuk mempercepat proses shutdown browser dari 5 detik ke 2 detik.
browser.cache.disk.parent_directory [String]: Memindahkan cache Firefox ke partisi berbeda dengan menentukan lokasi folder di sini.
browser.download.manager.openDelay [Integer]: Tidak menampilkan jendela Download untuk setiap download file berukuran kecil. Ubah ke 2000 (2 detik).
browser.sessionstore.max_tabs_undo [Integer]: Mengurangi jumlah tab tertutup yang dapat dikembalikan dari 10 hingga 4 saja.
browser.sessionstore.max_windows_undo [Integer]: Mengurangi jumlah jendela yang tetutup yang dapat dikembalikan dari 3 hingga 1 saja.
browser.tabs.closeWindowWithLastTab [Boolean]: Ubah nilainya ke “False” sehingga Firefox secara totomatis tertutup saat anda menutup tab terakhir.
browser.urlbar.maxRichResults [Integer]: Mengubah jumlah hasil maksimal pada Awesome Bar dari 12 ke 6.
dom.popup_maximum [Integer]: Mengurangi jumlah maksimal popup dari 20 ke 3 atau 5.
security.dialog_enable_delay [Integer]: Mengurangi waktu tunggu sebelum menginstallextension ke 1000 (1 detik). Mengubah ke nol (0) tidak disarankan karena berpotensi resiko.
14. Kecepatan akses internet anda lebih dari 2 Mbps (Broadband)? Gunakan setting di bawah ini untuk memaksimalkan koneksi internet anda.
network.dnsCacheEntries [Integer]: Meningkatkan jumlah entri Cache DNS dari 20 ke 512.
network.dnsCacheExpiration [Integer]: Meningkatkan waktu cache DNS dari 60 ke 3600.
network.dns.disableIPv6 [Boolean]: Menonaktifkan IPv6 jika ISP anda tidak mendukung.
network.http.max-connections [Integer]: Meningkatkan jumlah maksimal koneksi simultan dari 48 ke 96.
network.http.max-connections-per-server [Integer]: Meningkatkan koneksi maksimal per server dari 15 ke 24.
network.http.max-persistent-connections-per-server [Integer]: Meningkatkan koneksi persisten maksimal per server dari 6 ke 12.
network.http.pipelining [Boolean]: Ubah ke “True” untuk mengaktifkan HTTP Pipelining.
network.http.pipelining.maxrequests [Integer]: Tambahkan dari 4 menjadi 8.
network.prefetch-next [Boolean]: Mengaktifkan fungsi prefetch Firefox pada halaman website sebelum website terbuka seluruhnya sehingga mempercepat terbukanya halaman yang sering dibuka.
Semoga trik dan tips diatas dapat berguna bagi para penikmat internet hanya dengan bermodal Smart 399 ribu. Jika ada yang punya trik lebih baik lagi tolong beritahu saya. Terima kasih untuk smart – telecom karena telah memberikan internet murah hemat hebat….!!! Sukses buat anda terlebih buat saya tentunya. (sumber :Ahmad Ali Sukron)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

by Faris. Powered by Blogger.

- Copyright © 2013 Faris Ahmad Nashirudin -Dark Amaterasu Template -